Monday, July 1, 2013

Beginilah Kuku Harus Dirawat!




Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Oke, mungkin kalian bosan dengan kalimat yang satu ini, but that's the fact for any condition. Seperti misalnya pada kuku, jangan menunggu kuku bermasalah baru memberikan perawatan yang baik. Eh, atau jangan-jangan ada juga  yang belum tahu kalau kuku juga butuh nutrisi seperti halnya bagian tubuh yang lain?

Kuku yang enggak terawat akan jadi kering, mudah patah, bersisik, kasar dan kusam. Seringkali kulit-kulit kering di sekitar kuku cukup tajam untuk melukai kulit, bahkan mengoyak benang-benang pakaian dan barang-barang garmen lainnya. Sayang kan kalau syal rajut mahal mu, benangnya lepas karena ulah kuku tak terawat ini.

Don't worry, be happy, soalnya enggak sulit kok merawat kuku. Enggak serumit membubuhkan cat kuku dan melakukan nail art tentunya! Cukup jadikan lima langkah sederhana ini sebagai kebiasaan, maka kuku mu akan senantiasa terawat dan indah.

Rajin potong kuku
Mau kuku panjang biar jari lentik, tidak berarti kamu membiarkannya saja tumbuh. Secara berkala, periksa bentuk kuku, buat ujungnya melingkar dan ujung kanan kirinya tidak runcing. Kalau ada yang mengelupas, segera potong kuku sebelum mengelupas lebih besar lagi. Lakukan setelah mandi atau merendam kaki terlebih dulu, biar kuku mudah dipotong dan kulit sekitarnya mudah dibersihkan.

Lembabkan kuku
Kamu bisa melakukannya sekaligus saat mengaplikasikan lotion untuk telapak tangan. Untuk perawatan yang lebih intensif, beri minyak zaitun pada kuku seminggu sekali sebelum tidur. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan minyak dengan tisu dan jangan langsung mencucinya dengan sabun.

Beri nail hardener
Menguatkan kuku bisa dilakukan dari luar. Aplikasikan produk nail hardener ke kuku seminggu sekali. Hindari produk nail hardener yang mengandung formaldehida atau formaldehyde, seperti dikutip dari livestrong, karena bahan kimia ini justru membuat kuku kering dan mudah patah.

Nutrisi tercukupi dan bergizi
Minumlah cukup air untuk menghindari dehidrasi pada kulit dan kuku. Selain itu makanlah makanan yang mengandung asam lemak esensial omega-3, sayur-sayuran dan buah yang kaya vitamin, serta produk susu rendah lemak untuk mencukupi kebutuhan kalsium.

Cuci tangan dan kaki dengan benar
Menjaga kebersihan dan kesehatan jari-jari tangan dan kaki akan menjadikan kuku mu sehat dan indah. Biasakan mencuci kaki secara khusus saat mandi dan saat mau tidur. Keringkan dengan baik, terutama di sela-sela kuku. Kemudian beri lotion atau cream untuk melembabkan kulit kaki, tangan dan kuku

No comments:

Post a Comment