Tuesday, September 3, 2013

Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung Dan Dada




Jerawat adalah masalah umum baik bagi kita yang masih remaja maupun sudah dewasa. Saat ini ada banyak informasi mengenai jerawat dan cara mengatasinya. Pada umumnya, ketika kita membahas jerawat, yang muncul dalam pikiran kita adalah jerawat di wajah. Tentu saja karena memang jerawat di wajah gampang sekali terlihat, dan sangat mengganggu rasa percaya diri. Namun tidak jarang jerawat muncul juga di dada dan punggung kita.

Jerawat yang muncul di punggung dan dada relatif sulit diatasi dibanding jerawat di wajah. Lho, kog bisa? Ini disebabkan karena kulit bagian belakang kita lebih keras dari pada kulit wajah. Itu sebabnya, pengobatan jerawat di punggung membutuhkan produk perawatan kulit yang berbeda. Kulit punggung kita juga secara terus menerus bersentuhan dengan pakaian dan bahan lainnya, sehingga bisa mengiritasi kulit dan juga memperburuk keadaannya.

Jerawat muncul karena minyak yang berlebihan pada kulit, yang membentuk lesi. Mencegah muncunya jerawat memang lebih baik dari pada mengobatinya. Namun, ini menjadi sulit ketika kita berurusan dengan jerawat di kulit punggung.

Seperti halnya dengan jerawat di wajah, jerawat di kulit punggung juga bisa diredam dengan produk kosmetik seperti pembersih, lotion, dan juga pelembab. Asam glikolat juga bagus untuk kulit punggung.

Cara lain mengobati jerawat kembali adalah dengan mencoba mencari tahu apa yang menyebabkan atau memperburuk jerawat di punggung anda. Misalnya, ransel berat yang anda kenakan Jika Anda setiap hari membawanya dan ternyata memiliki masalah dengan jerawat di punggung anda, maka cobalah beralih ke tas bahu, atau tas dengan pegangan. Setelah jerawat Anda hilang, cobalah memakai ransel sekali lagi. Jika iritasi kembali, Anda akan tahu setidaknya sebagian dari penyebabnya, dan mungkin mempertimbangkan alternatif-alternatif lain sebagai gantinya.

Pakaian yang Anda kenakan juga dapat mempengaruhi dan mengiritasi jerawat Anda. Pakaian ketat dapat memperburuk keadaan ini. Juga membuat anda berkeringat. Keringat, pada gilirannya, menyebabkan kelebihan minyak, yang akan menyebabkan jerawat lebih banyak muncul.

Pakaian kasar juga tak kalah buruknya. Karena dapat mengiritasi jerawat yang ada dan menyebabkan jerawat baru.

Seperti jerawat di tempat lain, jerawat punggung bisa saja cuman ringan, sedang, atau berat. Penting untuk mengenali jenis dan tingkat keparahan kondisi Anda, sehingga Anda dapat mengobatinya dengan baik. Jenis kulit juga berperan dalam pengobatan jerawat. Jenis kulit yang berbeda membutuhkan perlakuan yang berbeda, dan bereaksi berbeda terhadap obat-obatan tertentu.

Jika Anda menggunakan obat bebas untuk mengatasi jerawat anda, dan anda meragunkannya, sebaiknya konsultasikan saja pada dokter yang dapat membantu Anda menemukan pengobatan yang tepat untuk jerawat Anda.

Cara ke 1 Menghilangkan Jerawat Di Punggung Dan Dada

-Telur
Telur juga mempunyai manfaat untuk membantu menghilangkan jerawat. Sebaiknya hanya putih telurnya saja yang digunakan, karena sangat membantu dalam proses menghilangkan jerawat. Namun di dalam penggunaannya juga harus lebih berhati-hati. Oleskan putih telur yang telah dipisahkan dari kuningnya ke daerah punggung yang berjerawat, setelah itu biarkan kurang lebih 15-20 menit atau biarkan kering terlebih dahulu. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakanlah secara rutin atau minimal 2 kali dalam seminggu.

- Kulit Jeruk
Ternyata jeruk juga banyak manfaatnya loh. Bukan hanya untuk buah saja, kulit jeruk juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat.Caranya adalah rendam kulit jeruk kering dalam air, kemudian digiling, lalu tambahkan susu. Setelah itu oleskan pada punggung selama 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air.

- Tomat
Sebaiknya pilihlah tomat yang masak dan berwarna merah menyala, yang bisa digunakan sebagai pengganti scrub. Caranya gosok punggung dengan bubur tomat atau tomat yang tlah diblender, diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas dengan air. Ulangi proses ini setiap hari selama seminggu atau lebih untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

- Lemon
Lemon banyak sekali berperan penting untuk menghilangkan jerawat, entah di daerah wajah ataupun didaerah punggung sekalipun. Apalagi jus lemon sangat efektif mengusir jerawat yang membandel.Caranya campurkan jus lemon dengan air mawar. Lalu dioleskan di bagian punggung yang berjerawat. Gunakanlah sesering mungkin untuk mempercepat proses menghilangkan jerawat.

Cara ke 2 Menghilangkan Jerawat Di Punggung Dan Dada

Asam Salisilat
ketika mandi, campurkan air mandi Anda dengan asam salisilat (salicylic acid), yang memiliki kandungan minimal 1,25 persen. Asam ringan ini dapat mengurangi minyak berlebih yang menjadi pemicu jerawat.

Aspirin
Cara lain untuk membasmi jerawat adalah dengan aspirin. Obat pereda sakit dan penurun demam itu ternyata berguna untuk mencegah penyumbatan pori-pori, juga mengandung anti inflamasi. Caranya dengan menghaluskan lima hingga 10 butir aspirin, campurkan dengan sedikit air. Aduk hingga menjadi pasta, lalu terapkan pada bagian yang berjerawat. Diamkan 10 hingga 15 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat.

Memakai Baju yang Menyerap Keringat
Saat beraktivitas di siang hari pakailah baju yang mudah menyerap keringat. Pilihlah pakaian berpotongan longgar dengan bahan yang tidak membuat panas seperti katun dan linen. Keringat juga salah satu penyebab jerawat dan mengembangkan bakteri sehingga menimbulkan jerawat.

Benzoil Peroksida
Menurut Acne Resource Center, benzoil perokisida merupakan solusi yang ampuh dalam menghilangkan jerawat. Berkat kandungan kimianya, sebanyak 70 persen penderita jerawat dapat membaik dalam waktu 6 minggu. Obat ini bisa berupa krim atau gel yang dapat dioleskan di bagian yang berjerawat. Gunakan benzoil peroksida yang memiliki kadar 10 persen. Benzoil peroksida bisa dibeli di apotek atau toko farmasi.

Cara ke 3 Menghilangkan Jerawat Di Punggung Dan Dada

  1. Ketika Mandi, gosok badan dengan pembersih yang mengandung 2% salicylic acid. Setelah mandi keringkan seluruh bagian tubuh dan oleskan body lotion dengan kandungan non-comedogenic (lotion yang tidak menutup pori-pori, sehingga tidak menimbulkan komedo)
  2. Pakailah pakaian yang bahannya tipis, longgar serta bahan tidak panas (cotton dan linen), agar sirkulasi udara bisa masuk.
  3. Ketika malam hari pakailah krim yang mengandung benzoyl peroxide di area punggung dan dada yang berjerawat.
  4. Jika sudah melakukan hari ini selama 4 minggu dan tidak ada perkembangan, konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan resep antibiotic lain yang dapat membantu.


Cara ke 4 Menghilangkan Jerawat Di Punggung Dan Dada

Putih telur dan mentimun adalah dua bahan alami yang mampu membantu menghilangkan jerawat di punggung. Jika fungsi dari putih telur adalah untuk mengangkat sel-sel mati, mentimun untuk menghilangkan nota hitam di kulit. Namun, ada cara untuk mengolah kedua bahan alami tersebut agar berfungsi dengan maksimal. Berikut cara mengolahnya:
  1. Pisahkan putih telur dengan kuningnya, kemudian kocok putih telur hingga kaku.
  2. Potong kecil-kecil mentimun, kira-kira sekitar 3 cm.
  3. Masukan putih telur dan mentimun kedalam blander hingga menjadi jus.
  4. Blender kedua bahan tersebut lalu oleskan ke punggung yang berjerawat hingga kira-kira 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.


Jika jerawat sudah lenyap, maka permasalahan bisa dikatakan baru saja dimulai. Agar tidak terjangkit jerawat menjengkelkan ini lagi, alangkah bijaksananya mencegah daripada mengobati.

No comments:

Post a Comment