Wednesday, April 24, 2013

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Kulit Sensitif


Mungkin di antara Teman masih ada yang bertanya-tanya, seperti apa sih kulit sensitif itu? Kulit sensitif sendiri adalah jenis kulit yang seringkali tak tahan terhadap sengatan matahari dan juga mudah terserang iritasi jika menggunakan kosmetik, parfum dan lain sebagainya.
Menurut ahli dermatologi Marianna Blyumin Karasik, M.D,kulit dapat berubah menjadi sensitif karena sistem imune tubuh yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh bereaksi terhadap sesuatu yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal-gatal, mengelupas dan bahkan bentol-bentol.



Banyak cewek yang mengalami hal ini, tapi tenang saja Kamu normal kok walaupun mempunyai kulit jenis sensitif ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulit sensitifmu tetap cantik dan aman. Yuk intip di sini.


Pilih Produk Hypoallergenic
Saat memilih produk kosmetik apapun baik bedak, eyeshadow, parfum dan foundation sebaiknya pilihlah yang hypoallergenic. Jika di dalam produk terdapat kata hypoallergenic, produk itu berarti aman digunakan oleh kulit sensitif dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Jadi lebih sebelum membeli lebih baik tanyakan saja testernya supaya Kamu bisa mencoba. Biasanya kulit sensitif memiliki reaksi langsung apabila terjadi alergi. Kulit akan menunjukkan rasa panas, gatal-gatal atau berwarna kemerahan.


Tidak Memakai Produk Antibakteri
Produk antibakteri memang baik untuk mengusir bakteri jahat, cuma sayangnya produk ini tidak baik untuk kondisi kulitmu yang sensitif. Di kutip dari womenshealthmag, Marianna Blyumin Karasik, M.D, kalau pemilik kulit sensitif tidak dianjurkan memakai sabun yang memiliki kandungan antibacaterial agents. Kandungan EDTA dan triclosan cenderung membuat kulit menjadi kering, sehingga kulit jadi mudah terkelupas dan gatal-gatal. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah sebaiknya kamu memakai sabun khusus untuk kulit sensitif yang biasanya seperti pelembab.


Hindari Produk Micro Mineral
Ada beberapa makeup yang menggunakan label micro mineral. Makeup yang mempunyai label ini tergolong sebagai makeup dengan kualitas bagus. Bentuk micro ini cenderung mudah tertinggal di dalam pori-pori yang dapat akhirnya memicu reaksi alergi berkepanjangan serta infeksi.


Pakai Sun Protection
Buat Kamu pemilik kulit sensitif, sangat dianjurkan untuk memakai sun protection. Karena jenis kulit sensitif mudah kering, merah-merah dan mudah mengelupas jika terkena sengatan matahari secara langsung.Sedangkan saat beraktivitas di dalam ruangan lebih baik tetap memakai sun protection. Hal ini dikarenakan Kamu enggak bisa mengukur seberapa bear paparan sinar matahari yang masuk lewat jendela atau kisi-kisi ruangan.

Sebenarnya enggak terlalu ribet kan untuk memperlakukan kulit sensitif. Semua cuma butuh ketelatenan dan kecermatan saja supaya kulit tetap cantik dan terawat :)

No comments:

Post a Comment