Monday, April 1, 2013

Fakta Menarik Tentang Kesehatan Mulut




Mulut ternyata bisa menjadi sarang penyakit buat tubuh kita. Kadang sedikit dari kita yang memikirkan masalah kebersihan dari mulut kita. Padahal banyak dari penyakit kita yang disebabkan oleh bakteri yang berasal dari mulut yang tidak terjaga kebersihannya.

Berikut kami sertakan beberapa fakta menarik tentang mulut dan hal yang berkaitan tentangnya.

1. Jumlah populasi bakteri di Mulut Anda
Tahukah Anda, bahwa dengan tidak menggosok gigi sehari maka Anda akan mendapati penambahan jumlah bakteri dalam mulut Anda. Bedasarkan penelitian, bahwa jumlah populasi bakteri yang ada dimulut Anda sama dengan jumlah populasi manusia di bumi saat ini. Bahkan, Anda bisa kaget dengan jumlah variant bakteri yang ada dalam mulut Anda. Bedasarkan penelitian, ada sekitar 700 variant bakteri yang hidup dalam mulut Anda.

2. Anjing dan Bakteri
Ternyata ada hubungan erat antara anjing dan bakteri. Bedasarkan penelitian di Amerika Serikat. Jumlah bakteri yang terdapat dalam mulut Anjing bisa lebih banyak dari yang terdapat di mulut manusia. Dan yang menakutkannya lagi, hampir rata-rata dari bakteri yang terdapat dalam mulutnya bisa membuat Anda sakit.

3. Belum Lima Menit
Kita sering mendengar ucapan ini. Ucapan yang biasa ditemukan saat makanan kita terjatuh dan kita mengambilnya lagi untuk kita konsumsi. Kita beranggapan bahwa bakteri tidak akan menempel pada makanan kita jika kita cepat mengambilnya atau sebelum 5 menit. Padahal, bakteri akan menempel pada makanan Anda yang terjatuh saat makanan Anda itu menyentuh lantai.

4. Menyikat Saja Tidak Cukup
The American Dental menemukan bakteri tidak cukup hilang dengan hanya menyikat gigi. Harus ada tindakan yang lebih lanjut dari sekedar menyikat gigi. Berkumur dengan obat kumur merupakan penutup yang sempurna untuk mengurangi bakteri dan plak yang terdapat pada gigi Anda. Tak hanya itu, obat kumur juga dapat mengurangi bau mulut yang tak sedap.

5. Jangan Pernah Memakai Sikat Gigi Orang Lain
Jika Anda sering menggunakan sikat gigi orang lain dalam keseharian Anda. Maka, kami menyarankan agar Anda meninggalkan kebiasaan tersebut. Cairan tubuh bisa melekat pada sikat gigi dan sialnya jika Anda tertular penyakit dari cairan tubuh orang melalui sikat gigi.

6. Lebih Baik Punya Sendiri
Berbagi lipstick dan berbagi minuman dalam satu gelas yang sama merupakan cara termudah dalam penyebaran bakteri dari mulut ke mulut melalui perantara yang disebutkan.

7. Tetap Kering
Cara terbaik menjaga kebersihan sikat gigi Anda adalah dengan menjaganya dan memastikannya agar tetap kering. Jika lembab, maka menjadi tempat yang nyaman untuk pertumbuhan bakteri. Dan bedasarkan saran dari pakar gigi, maka Anda disarankan untuk mengganti sikat gigi Anda selama 3-4 bulan sekali.

8. Minumlah Teh
Teh hijau diyakini sebagai pembunuh bakteri alami. Maka jika Anda ingin tetap percaya diri saat ingin berbicara dengan orang lain, minumlah teh hijau sebagai antiseptik alami untuk membunuh bakteri.

No comments:

Post a Comment