Monday, April 22, 2013

Tips Merawat Kuku


Sudah banyak salon kecantikan yang memberikan pelayanan merawat kuku dengan teknologi yang super canggih, Nah... bagi ladies yang malas atau tidak punya banyak waktu pergi ke salon bisa ikuti Tips ini dirumah, cara sederhana merawat kuku agar tetap cantik dan sehat.



Menjaga kekuatan dan kelembapan kuku
Oleskan pelembab kuku secara rutin untuk melindungi kelembaban nya, kuku setiap orang memiliki jenis yang berbeda. Sabun, deterjen, AC dapat membuat kuku mudah kering dan rapuh. Pelembab kuku adalah sahabat terbaik setelah beraktifitas.


Membersihkan kuku
Kuku yang cantik tentu harus bersih. Untuk membersihkan kuku, dapat dilakukan dengan merendam kuku dalam air hangat yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Rendam tangan atau kaki kamu selama kurang lebih 15 menit. Air hangar dapat membuat kulit di sekitar kuku menjadi lunak sehingga mudah untuk dibersihkan, khususnya pada daerah pinggir kuku yang sering dimasuki kotoran.


Potong kuku
Jangan biarkan kuku ladies terlalu panjang, biarpun akan terlihat cantik namun faktanya kuku yang terlalu panjang ujung nya sudah lebih tua dan tidak se sehat kuku yang baru tumbuh.
Pilih gunting kuku yang tajam agar tidak perlu berulang-ulang memotongnya. Jangan tarik kuku jika belum terpotong sempurna. Menarik kuku dapat melukai jari dan jari yang terluka memudahkan kuman penyakit masuk ke dalamnya.


Jangan lakukan pekerjaan keras dengan kuku
Menggosok benda keras menggunakan kuku atau membuka benda-benda keras menggunakan kuku selain dapat merusak kuku kamu, juga dapat menyebabkan luka pada daerah sekitar kuku. Sebaiknya gunakan benda-benda lain yang sesuai pada saat melakukan perkerjaan-pekerjaan berat ini. Mencuci pakaian, mencuci piring atau memeras kain pel, dan terlalu sering terkena air panas mungkin dapat merusak kuku ladies karena terkena sabun dalam melakukan kegiatan tersebut. Jika memungkinkan, pakailah sarung tangan ketika melakukan kegiatan ini.


Stop kebiasaan merusak
Kebiasaan mengorek kuku dengan kuku lain atau menggigit kuku merupakan kebiasaan yang dapat merusak penampilan kuku. Mengorek kuku dapat menyebabkan luka pada ujung jari sehingga merusak penampilan. Sedangkan menggigit kuku dapat menyebabkan sakit perut akibat kuman-kuman penyakit yang ada pada kuku masuk ke dalam mulut. Hindari kebiasaan merokok karena kebiasaan merokok dalam jangka panjang akan menyebabkan nikotin yang terkandung dalam rokok menmpel pada kuku sehingga kuku menjadi menguning.


Perkuat dan percantik kuku dari dalam
Konsumsi air putih membantu menyehatkan kuku dari dalam step ini berfungsi agar kuku tidak kering. Sedangkan untuk memperkuat kuku konsumsi makanan yang mengandung kalsium atau dengan meminum susu karena kuku sama halnya dengan tulang.


Gunakan pewarna kuku dan penghapusnya dengan seimbang
Menggunakan kuteks adalah salah satu cara memperindah penampilan kuku kita, namun pemakaian berkepanjangan dapat menyebabkan kuku menguning, begitu pula dengan pemakaian Aseton atau nail polish remover secara berlebihan dapat membuat kuku kehilangan kilau dan warna aslinya.
Sebaiknya gunakan kuteks dan nail polish remover secara berkala, biarkan kuku beristirahat dari bahan bahan kimia yang dapat merusah kuku. Gunakan nail polish remover dengan cara di diamkan beberapa detik dengan kapas yang lembut kemudian bersihkan perlahan karena menggosok kuku terlalu kencang hanya akan membuat kuku ladies terkikis dan mudah rapuh.

Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment