Saturday, May 4, 2013

5 Cara Mudah Mengobati Kulit yang Terbakar Matahari


Paparan sinar matahari dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang biasanya ditandai dengan warna kemerahan, sering pula disertai dengan pembengkakan jika jika kulit terpapar radiasi dalam jumlah besar.



Untuk mengatasi semua masalah tersebut, berikut kami jelaskan 5 cara mudah mengobati kulit yang terbakar matahari.

Gunakan jus lidah buaya
Jus lidah buaya sangat ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan luka bakar dan ruam pada kulit, agar dapat menghilangkan efek samping dari sengatan matahari pada kulit anda bisa mengoleskan daging lidah buaya ke kulit yang terkena sengatan tersebut.
Mengoleskan gel lidah buaya tidak dianjurkan bagi orang dengan kulit sensitif, alternatif lain yang bisa digunakan bagi kulit sensitif adalah dengan mengkonsumsi jus lidah buaya. Tambahkan madu secukupnya untuk memberi variasi rasa.

Kompres
Gunakan es batu sebagai medianya, hal ini dilakukan untuk menenangkan kulit yang terbakar dan menghilangkan perubahan warna kulit yang terjadi karena adanya paparan radiasi.
Menggunakan air dingin biasa juga dapat dijadikan alternatif lain jika anda kesulitan menemukan es.

Pelembab
Salah satu cara yang harus segera anda lakukan untuk mengurangi bahaya paparan radiasi matahari adalah dengan segera mengoleskan produk pelembab pada bagian kulit yang terpapar.
Gunakan pelembab yang anda yakini cocok dengan jenis kulit agar tidak menimbulkan masalah baru. Lakukan hal tersebut 3 kali sehari sampai dampak radiasi benar-benar hilang.

Banyak minum
Cairan yang cukup akan menghindarkan kita dari bahaya dehidrasi termasuk pada kulit. Kulit yang terbakar lebih membutuhkan cairan guna menjaga organ tersebut tetap lembab.
Asupan cairan yang cukup dapat mengurangi warna kemerahan akibat tersengat sinar UV, dibutuhkan 7 sampai 8 gelas sehari agar terlihat hasilnya.

Jus tomat
Seperti kita tahu bahwa salah satu manfaat tomat adalah untuk kesehatan dan kecantikan kulit, kita dapat memanfaatkan tomat untuk mengatasi kulit terbakar dengan cara menghaluskan beberapa buah tomat dan mencampurkannya dengan sedikit kayu cendana.
Oleskan secara merata ke bagian kulit yang terbakar dan diamkan sampai benar-benar mengering, setelah kering anda bisa membilasnya dengan air bersih.

Selamat Mencoba :)

No comments:

Post a Comment