Monday, May 6, 2013

Atasi Gejala Premenstrual Syndrome (PMS)


Ladies, pasti tahu kan kalau masa-masa menjelang menstruasi bagi sebagian wanita bisa dibilang merupakan masa-masa yang kurang nyaman? Hal ini dikarenakan Premenstrual Syndrome atau yang biasa disebut PMS ini teradang menjadikan kamu gampang marah, cemas dan bĂȘte dan terjadi tiap bulannya. Ada nggak sih aktivitas yang bisa dilakukan untuk pencegahan PMS?

Gejala PMS yang yang merupakan gejala biologis dan dialami seorang wanita ini ternyata bisa lho kamu atasi Ladies dengan melakukan beberapa hal sederhana. Seperti diungkapkan profesor epidemology dari Universitas Massachussets, Elizabeth Bertone-Johnson, ScD, beberapa hal berikut ini bisa membantu wanita untuk mengatasi masalah menjelang haid.




Yuk kita intip cara pencegahan PMS di bawah ini.

Makanan Berkalsium Tinggi
PMS sangat berkaitan erat dengan tercukupinya kalsium dan vitamin D pada tubuh wanita. Kok bisa ya? Ternyata menurut penelitian, wanita yang kebutuhan kalsium dan vitamin D nya tercukupi akan terhindar dari gejala PMS menjelang haid. Hal ini dikarenakan Kalsium bermanfaat meredakan gelisah dan depresi, sementara vitamin D berperan mengontrol perubahan emosi.

Makan Tepat Waktu
Ladies, menunda waktu makan adalah kebiasaan yang kurang baik terutama menjelang masa haid. Meskipun hormon menjelang PMS bisa membuat seorang wanita kehilangan selera makan, namun menunda waktu makan justru bisa memperburuk kondisi menjelang haid. Makanya, coba cek selama ini bagaimana pola makan kamu dan perbaiki segera ya.

Hindari Konsumsi Gula Berlebih
Kurangi asupan gula menjelang haid juga ya Ladies. Apakah ada hubungannya konsumsi gula dengan PMS? Ternyata, hal ini berkaitan dengan perubahan level pada hormon estrogen serta progesteron yang berpengaruh pada serotonin pada otak. Perubahan inilah yang berpotensi menyebabkan orang cepat marah dan memperburuk gejala PMS.

Gimana Ladies, mulai sekarang, perhatikan hal diatas ya sebagai pencegahan PMS! Kamu pun sudah tidak perlu merasa khawatir lagi untuk menghadapi perubahan mood saat gejala PMS menyerang dan hari-hari mu pun bisa terleati dengan menyenangkan. 

No comments:

Post a Comment