Monday, May 6, 2013

Beberaapa Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan


Hasil studi dan penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan bahwa puasa memiliki banyak manfaat bagi manusia terutama dari sisi kesehatan.



Menurunkan berat badan
Puasa menghancurkan gumpalan lemak pada tubuh dengan cara memecah lemak tersebut dan merubahnya menjadi energi. Maka tidak heran jika energi bertambah sedangkan berat badan menurun. Jika anda benar-benar menurunkan berat bada anda secara sehat, kenapa tidak mencobanya?

Mendetoksifikasi tubuh
Manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari puasa adalah detoksifikasi tubuh atau pembersihan racun dalam tubuh secara alami. Dengan melakukan puasa minimal satu kali dalam seminggu dapat mempermudah tubuh mengeluarkan semua bentuk racun dari dalam tubuh. Racun tersebut dikeluarkan baik melalui keringat ataupun melewati saluran pembuangan.

Mengistirahatkan pencernaan
Sama seperti anggota tubuh yang lainnya, sistem pencernaan juga membutuhkan waktu istirahat. Memberikan istirahat yang cukup pada sistem pencernaan dapat membuat organ tersebut bekerja dan berfungsi lebih maksimal. Seperti anda ketahui bahwa sebagian besar penyakit berbahaya lebih dikarenakan sistem pencernaan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan berpuasa, sama artinya anda memberikan waktu istirahat yang diperlukan oleh pencernaan anda.

Membuat tubuh bugar
Dengan berpuasa anda akan mendapatkan tubuh yang lebih bugar, hal ini karena pola makan yang teratur serta fungsi pencernaan yang bekerja dengan baik membuat metabolisme tubuh semakin meningkat.

Menenangkan pikiran
Dengan melakukan puasa, anda akan lebih mudah terhindar dari bahaya stress dan depresi berkepanjangan.Stress dapat memicu hormon kortisol yang jika tidak segera diatasi dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya. Berpuasalah untuk mengurangi tekanan dan stress yang sedang anda hadapi.

Mempercepat proses penyembuhan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat mempercepat sekaligus menyembuhkan penyakit radang usus, penyakit kulit dan masih banyak lagi. Menurunkan gula darah Saat anda berpuasa, tubuh akan memecah glukosa dan mengubahnya menjadi energi sekaligus menurunkan produksi insulin berlebih. Itulah alasannya kenapa banyak dokter menganjurkan pada para pasiennya yang bermasalah dengan diabetes untuk berpuasa.

Menurunkan tekanan darah
Puasa merupakan salah satu cara alami untuk menurunkan tekanan darah, dengan berpuasa anda akan terhindar dari aterosklerosis atau penyumbatan pada arteri yang menjadi pemicu serangan jantung.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Proses detoksifikasi yang terjadi saat kita berpuasa memiliki pengaruh yang sangat besar bagi tingkat sistem imun atau kekebalan tubuh kita.

Mengatasi kecanduan
Para peneliti menyatakan bahwa puasa termasuk salah satu cara yang paling efektif mengurangi kecanduan seseorang. Kecanduan yang dimaksud meliputi kafein, nikotin, minuman keras dan penyalahgunaan obat-obatan lainnya.

No comments:

Post a Comment