Saturday, May 4, 2013

Waspadai Bahaya Sinar Matahari


Di bawah ini merupakan sebagian kecil bahaya sinar matahari pada kulit yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.



Kanker kulit
Penyakit ini menjadi ancaman yang serius bagi anda yang beraktifitas di bawah sinar matahari dalam kurun waktu lama. Sinar matahari mengandung radiasi UVA, UVC dan UVB yang sangat berbahaya.

Efek yang pertama dirasakan adalah perubahan yang terjadi pada warna kulit seperti dari putih atau kuning menjadi lebih gelap. Selain perubahan pada warna, efek awal dari sinar matahari dapat berbentuk seperti terbakar, pembengkakan dan pengelupasan pada kulit.

Dalam tahap selanjutnya, luka dan kelainan pada kulit tersebut berkembang menjadi kanker kulit. Ini tentu sangat berbahaya dan perlu mendapatkan penanganan khusus.

Jika anda memilih untuk menggunakan krim tabir surya maka pastikan bahwa produk tersebut dapat melindungi anda dari radiasi UVA, UVC dan UVB yang terdapat pada sinar matahari.

Penuaan dini
Paparan sinar matahari secara konsisten dalam waktu lama dapat membawa perubahan pada kulit baik kelembutan, kelembaban hingga kelenturannya.

Hasil study menunjukkan bahwa tercatat hampir 80% tanda penuaan dini yang dialami manusia disebabkan oleh sinar matahari.

Radiasi UAV menjadi pemicu utama terjadinya kerusakan pada struktur kolagen yang pada ahirnya menyebabkan munculnya keriput dan kehilangan kemampuan untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Flek hitam
Flek hitam muncul karena adanya paparan matahari dalam jangka waktu lama dan konsisten. Gangguan pada kulit ini biasanya ditemukan pada daerah-daerah seperti wajah, kulit tangan dan bagian tubuh terbuka lainnya.

Kerusakan pada kornea mata
Terpapar sinar matahari dalam waktu lama dan berkepanjangan dapat menimbulkan kerusakan pada kornea mata dan ahirnya menyebabkan katarak pada seseorang.

Radiasi yang paling berbahaya untuk mata adalah sinar matahari yang ada pada jam 10 pagi sampai 2 siang.

Jika dalam rentang waktu tersebut anda harus berada di luar ruangan maka pastikan bahwa kulit dan rambut terlindungi dari paparan matahari. Oleskan cream tabir surya yang benar-benar dapat melindungi anda dari paparan radiasi UVA, UVC dan UVB.

Untuk mencegah kerusakan pada kulit yang ditimbulkan oleh bahaya sinar matahari, anda bisa melakukian beberapa perwatan di bawah ini:

  • Gunakan pelembab yang mengandung ekstraks lidah buaya tiga kali sehari
  • Gunakan syal atau kain jenis lainnya untuk melindungi kulit wajah anda dari sinar matahari
  • Gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari kerusakan kornea yang diakibatkan oleh paparan matahari
  • Gunakan payung untuk melindungi bagian rambut anda

Meskipun berbahaya, namun kita tidak dapat sepenuhnya menghindari sinar matahari. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia sangat membutuhkan matahari.

Agar terhindar atau paling tidak menurunkan faktor resiko terhadap bahaya tersebut maka kita dianjurkan untuk melakukan empat point di atas. 

No comments:

Post a Comment