Thursday, August 22, 2013

Cara Diet Efektif yang Terbukti Sukses, Tapi Sering Dilupakan




Cara cara diet efektif yang terbukti berhasil sudah ditemukan sejak dulu kala. Tapi karena banyaknya program-program diet baru yang menawarkan hasil yang cepat dan instan membuat kita melupakan dasar-dasar diet tersebut.

Disini saya akan membahas dasar diet yang sudah terlupakan itu dengan tujuan agar Anda mendapatkan pengertian yang tepat tentang diet serta mendapatkan tubuh yang langsing serta ideal seumur hidup.

Yang saya akan bahas disini bukanlah cara diet seperti biasanya, melainkan mengenai psikologi tentang diet itu sendiri.

Mengapa psikologi diet itu penting?

Karena dengan memahami diet itu Anda akan mempunyai cara pandang yang baru tentang diet tersebut. Dengan cara pandang yang baru, Anda akan melakukan tindakan yang berbeda dan tentu saja hasil yang akan Anda peroleh juga berbeda.

Banyak orang, mungkin juga termasuk Anda hanya melakukan diet saat Anda kelebihan berat badan saja, yaa…masak kalau sudah langsing terus berdiet…?. Pemikiran seperti inilah yang akan membuat Anda gagal, melakukan gonta ganti diet dan akhirnya putus asa dan pasrah pada kondisi tubuh Anda.

Hal ini sebenarnya bisa dirubah kalau Anda mengikuti cara diet efektif ini :

Apakah Anda benar-benar tahu arti diet itu..?
Apakah ini penting..?
Ya..mengetahui arti diet itu adalah hal terpenting yang mesti Anda ketahui. Kalau selama ini Anda mengira diet itu hanya dilakukan pada saat Anda kegemukan , itu salah total. Berhenti berdiet ketika Anda sudah langsing akan menyia-nyiakan usaha, uang dan waktu yang Anda habiskan saat berusaha mengurangi berat badan.

Berdiet harus Anda lakukan seumur hidup, ya.. jadikan diet sebagai hidup Anda, maka Anda akan memiliki tubuh langsing selamanya.
Jadi apakah arti diet ..?

Sebenarnya saat ini pun Anda sudah berdiet, diet itu adalah apa yang Anda makan sehari-hari, jika Anda makan-makanan yang baik, maka diet Anda akan baik, sebaliknya jika makanan Anda setiap hari buruk ( kalori tinggi, banyak lemak jenuh, kurang serat ), maka Anda melakukan diet yang buruk yang pastinya akan membuat Anda kegemukan dan gampang terserang penyakit.

Jadi, mau tidak mau sebenarnya Anda sudah berdiet dari lahir sampai akhir hayat.
Dan sekarang terserah Anda, kalau Anda ingin memiliki tubuh yang langsing seumur hidup, lakukan diet yang baik, pilihlah makanan yang baik untuk tubuh Anda, maka tubuh Anda akan berterimakasih dan kelebihan berat badan Anda akan berkurang.

Dengan melakukan satu cara ini saja, Anda akan bisa mengurangi beberapa kg lemak berlebih di tubuh Anda.

Ingat kita hanya berhenti berdiet saat kita mati, jadi selama hidup usahakan melakukan diet yang baik.


Apakah kita benar-benar perlu berdiet?
Ya…

Karena selama hidup kita makan, maka selama itu pulalah kita berdiet. Anda bisa mengetahui apakah diet yang dilakukan orang lain baik atau buruk hanya dengan melihat bentuk tubuh mereka.
Orang yang kelebihan berat badan secara otomatis melakukan diet yang buruk, makan seenaknya, serta cuek pada kondisi tubuh mereka. Dan biasanya orang seperti ini tidak mau menerima kenyataan mereka.
Maaf jika Anda termasuk salah satunya.

Tapi memang benar, cara terbaik adalah dengan menerima kenyataan yang Anda hadapi, jangan berpura-pura untuk membenarkan keadaan Anda saat ini, Anda pasti bisa merubah bentuk tubuh Anda yang sekarang menjadi lebih baik . Hal yang pertama kali perlu Anda lakukan adalah menerima keadaan Anda, kemudian berkomitmen untuk merubahnya.

Jika Anda sudah mencoba berkali-kali dan tetap gagal, jangan putus asa, cobalah kembali, carilah orang yang sudah berhasil menurunkan berat badan, minta petunjuk dan lakukan saran yang diberikan.
Jika Anda kesulitan menemukan nya, Anda bisa menghubungi saya di nomer yang sudah saya cantumkan di blog ini.

Perlu Anda ingat, Anda hanya punya 2 pilihan :
Diet yang buruk = kegemukan
Diet yang baik = badan yang langsing

Kalau Anda tidak perduli pada 2 pilihan ini, saya rasa Anda melakukan diet yang buruk dan akibatnya bisa Anda lihat saat Anda bercermin.

Mana yang lebih penting hasil diet atau proses yang Anda alami?
Kenyataannya..ketika Anda hanya berfokus pada hasil diet, maka Anda akan terus mengalami kegagalan, meskipun Anda sudah berhasil menurunkan kg berat badan Anda.
Mengapa demikian..?

Sedikit ilustrasi dari saya :

Ada 2 orang yang mengalami kegemukan, kedua-duanya berniat menurunkan berat badan sampai mencapai ideal.

Si A, karena ingin cepat-cepat mendapatkan tubuh yang langsing, langsung melakukan diet ketat. ” semakin cepat saya mendapatkan berat ideal, semakin baik, saya akan melakukan apapun agar cepat tercapai meskipun rasanya tidak enak dan menyiksa ” begitu pikirnya.

Si B, juga ingin secepatnya mendapatkan tubuh yang langsing, tapi lebih bisa menahan diri, mencari informasi terlebih dahulu, kemudian mulai menyusun rencana tentang apa yang akan dilakukannya. Melakukan perubahan sedikit demi sedikit pada pola makan dan gaya hidup nya.

” saya memutuskan untuk menikmati apa yang saya makan dan aktifitas yang saya lakukan setiap hari, karena saya tahu jika saya melakukan perbaikan kecil setiap hari, maka dalam beberapa bulan saja saya sudah memperbaiki banyak hal dalam hidup ke arah yang lebih baik. Saya tidak perduli apapun hasilnya dan berapa lama saya bisa langsing, asalkan saya menikmati yang saya lakukan maka saya akan melakukannya ” begitu pikirnya.

Menurut Anda siapa yang akan memperoleh hasil yang langgeng untuk jangka panjang..?

Ya..si B.

Si A karena hanya berfokus pada hasil jangka pendek, hanya akan melihat keberhasilan programnya di timbangan. Dan tentu saja saat dia mengalami masa plateau, dia akan frustasi kemudian berhenti melakukan program, akibatnya berat badannya akan naik lagi.

Selain itu si A, meskipun berhasil mencapai berat badan ideal, karena merasa telah berusaha keras untuk diet ketat, akan berfikir ” saya sudah capek-capek untuk mencapai hasil ini, jadi tidak apa-apa jika saya menghadiahi diri makan sepuasnya 1 kali saja”. Anda tentu tahu bagaimana kelanjutannya kan..kebiasaan lama nya akan muncul kembali, makan sepuasnya 1 kali, 2 kali dan seterusnya.

Lain halnya dengan si B, yang sudah bertekad untuk memperbaiki gaya hidupnya terlebih dahulu akan berfikir ” jika saya makan yang baik untuk tubuh setiap hari, maka lama-kelamaan tubuh saya akan menjadi baik pula ( sehat dan langsing ) “, jadi si B tidak terlalu pusing dengan timbangan, si B berfokus pada kebiasaan harian yang lebih baik dan yang terpenting dia menikmatinya.

Hasil akhirnya si B akan mencapai berat badan ideal serta memiliki kebiasaan makan serta gaya hidup baru yang lebih baik.

Jadi ingat rumus cara diet efektif yang ketiga ini :
Fokus hanya pada hasil = Anda akan gagal
Fokus pada menikmati proses = Anda akan berhasil

Apakah Anda sendiri yang menggagalkan diet Anda, atau orang lain?
Kadang ketika kita gagal dalam suatu hal maka kita akan mencari cara untuk membenarkan diri, salah satunya dengan menyalahkan orang lain atau keadaan dll.
Tapi tahukah Anda, hal ini malah akan memperburuk keadaan Anda..

Kok bisa..?

Ya karena Anda sendiri tidak berkomitmen terhadap apa yang Anda lakukan, karena ketika Anda berkomiten, maka hasil apapun yang Anda peroleh Anda akan mengakui dan bertanggung jawab penuh.

Jika Anda menyalahkan orang lain ” saya sering diajak makan malam oleh pasangan saya, saya lagi sakit jadi saya akan makan yang enak-enak, saya senang makan bakso, gorengan, dll. “. Maka Anda tidak akan pernah berhasil mencapai tujuan Anda.

Jadi jika Anda benar-benar ingin berhasil, maka Anda akan mendapatkan cara untuk mengatasi semua godaan diatas. Hanya diperlukan sedikit komitmen setiap hari, maka hasil yang baik pun bisa Anda capai.

Pertanyaan yang harus Anda ajukan pada diri Anda : ” siapakah yang akan membuat diet saya berhasil, saya atau orang lain..?”

Apakah Anda mempunyai cara pandang yang benar tentang diet?
Ok ada rumus sederhana : menjadi–melakukan–mempunyai
Kebanyakan orang ingin mempunyai tubuh langsing, kemudian melakukan program diet, berhasil menurunkan berat badan , tapi beberapa bulan atau tahun kemudian berat mereka naik lagi bahkan lebih banyak dari sebelumnya, apa penyebabnya..?

Mudah saja , mereka melompati proses menjadi pada rumus diatas, mereka hanya menerapkan 2 proses yaitu melakukan–mempunyai.

Apa pentingnya ketiga proses tersebut…?

Jika Anda memulai dengan proses menjadi, maka Anda akan mendapatkan hasil yang langgeng.
Anda harus menjadi langsing dulu di dalam ( dalam pikiran Anda ) sebelum akhirnya Anda memiliki tubuh yang langsing di luar ( tubuh Anda ).

Bagaimana pikiran orang langsing..?

Orang langsing akan sangat berhati-hati akan makanan yang mereka makan, gaya hidup serta kebiasaan lainnya. Contoh :
  • Saya tahu minum air putih baik untuk tubuh, maka saya akan meminumnya setiap hari.
  • Saya tahu minuman bersoda tidak baik untuk tubuh, jadi saya tidak akan meminumnya.
  • Saya tahu buah dan sayuran baik untuk tubuh, jadi saya akan memakannya setiap hari.
  • Saya tahu, gorengan, makanan cepat saji, dan makanan berlemak lainnya kurang baik bagi tubuh , maka saya tidak akan memakannya.
  • Saya tahu jika saya makan-makanan yang sehat, maka tubuh saya akan sehat pula dan saya sangat senang menjadi sehat.
  • Saya tahu olahraga baik untuk tubuh dan kesehatan , jadi saya akan melakukannya secara teratur.
  • Saya senang melakukan hal-hal yang membuat tubuh menjadi lebih bugar, sehat dan langsing, jadi saya akan melakukannya setiap hari.

Jika Anda memiliki pola pikir diatas, apakah kira-kira yang akan Anda peroleh..?
Ya…tentu saja dari pikiran Anda akan membuat Anda melakukan yang Anda pikirkan kemudian Anda memperoleh hasil dari apa yang Anda perbuat. Jadi untuk mendapatkan tubuh yang langsing dalam jangka panjang, Anda harus berfikir seperti orang langsing terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara diet efektif yang unik yang bisa Anda terapkan, meskipun cara ini tidak biasa, tapi jika Anda mulai melakukannya, maka Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

No comments:

Post a Comment