Tuesday, August 20, 2013

Khasiat Minyak Kemiri Untuk Alis




Kemiri merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari tumbuhan kemiri (aleurites moluccana). Tumbuhan tersebut sejenis singkong dan berbuah biji kemiri yang hampir sama dengan kacang macadamia.
Kemiri diperdagangkan secara internasional karena manfaatnya yang demikian besar. Istilah lain dari biji ini adalah Indian walnut, candle nut, atau candleberry. Minyak kemiri untuk alis hanyalah salah satu manfaat biji berwarna putih berbentuk bulat pipih ini. Berbagai manfaat lain menyertai termasuk sebagai bahan campuran pembuat cat dan lilin.

Kemiri mengandung saponin, flavonida, dan polifenon sehingga manfaatnya demikian besar bagi perawatan kecantikan alis dan rambut. Minyak kemiri untuk alis bermanfaat menyuburkan dan menghitamkannya, sehingga membuat mata semakin indah dengan alis yang cantik.

Berikut cara memanfaatkan kemiri yang diambil minyaknya untuk mempercantik, mempertebal, dan menghitamkan alis mata:

Jika memiliki minyak kemiri yang sudah jadi, tinggal oles sedikit ke alis sekitar 30 menit – 1 jam sebelum mandi pagi atau sore. Caranya dengan mengambil minyak kemiri dengan cotton buds, kemudian dioles perlahan pada bagian alis mata secara perlahan dan rata. Diamkan dan buat beraktivitas seperti biasa. Jika terbiasa menggunakan krim pembersih wajah sebelum mandi, tidak masalah minyak kemiri di alis ikut terhapus. Setelahnya boleh mandi seperti biasa. Lakukan hal tersebut secara rutin satu atau dua hari sekali. Jika dirasa alis mata sudah cukup tebal dan hitam, penggunaan minyak kemiri bisa direnggangkan.

Selain dengan menggunakan minyak kemiri secara langsung, kita juga bisa menggunakan minyak yang didapatkan dari biji kemiri. Minyak kemiri untuk alis model kedua ini didapatkan dari pengolahan secara tradisional terhadap biji kemiri.

Caranya cukup praktis, ambil tiga biji kemiri, kemudian panggang di atas api/kompor sampai agak hangus. Siapkan kain kasa, masukkan biji kemiri yang telah dibakar ke dalamnya. Tumbuk perlahan sampai keluar minyak dari sela-sela kain kasa. Ambil minyak dengan cotton buds atau dengan ujung kelingking dan oleskan secara merata pada alis mata.

Dengan pemberian secara rutin, minyak kemiri yang dibeli langsung atau dibuat sendiri akan terasa manfaatnya dalam kurun waktu satu atau dua bulan. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment