Saturday, June 15, 2013

Atasi dengan Bahan Alami untuk Kulit Stretchmark




Kulit stretch mark adalah keadaan kulit dimana muncul guratan berwarna merah muda dan teksturnya seperti kulit jeruk. Biasanya guratan ini akan berwana putih jika dibiarkan lama. Timbulnya guratan stretch mark diakibatkan karena kulit mengalami peregangan elastis terlalu banyak sehingga kulit menjadi pecah dan timbul guratan tersebut.

Pada umumnya kulit stretch mark dialami oleh ibu hamil usia 4-5 bulan yang dibarengi rasa gatal. Karena biasanya bersifat genetik dan merupakan akibat dari perkembangan janin di rahim dan membuat perut membesar maka kulit stretch mark dianggap wajar oleh sebagian orang. Tingkat guratan juga tergantung dari tingkat elastisitas kulit seseorang. Guratan ini akan terjadi pada kulit bagian tubuh yang sering mengalami peregangan seperti di daerah payudara, perut, paha, pinggul, lengan dan bokong. Kulit stretch mark juga akan dialami oleh orang yang awalnya bertubuh gemuk kemudian menjadi kurus.

Biasanya kulit stretch mark akan langsung hilang dengan sendirinya seiring kulit mengalami regenerasi. Namun seringkali masih ada bekas-bekas guratan yang terkadang membuat Anda tidak percaya diri. Ada beberapa bahan alami yang secara efektif mampu menghilangkan kulit stretch mark jika dilakukan secara rutin. Simak berikut ini:

Ampas Kopi
Gunakan ampas kopi untuk menghilang stretch mark, yakni selagi ampas kopi masih hangat, gosokkan pada bagian tubuh yang mengalami stretch mark. Lakukah hal tersebut berulang-ulang selama 10 menit. Anda dapat mempraktekkan cara ini secara rutin seminggi tiga kali agar kulit terlihat mulus, halus dan bersih.

Air Garam
Air garam juga dapat digunakan untuk menghilangkan kulit stretch mark dengan cara berendam. Untuk hasil lebih efektif oleskan air garam pada bagian kulit stretch mark tunggu lima menit sebelum di bilas dengan air bersih. Anda dapat melakukan hal ini sebelum mandi sore, selama sepuluh menit. Cara ini selain menghilangkan bekas stretch mark juga mampu menghilangkan lemak yang mengendap pada lapisan kulit dan akan hilang perlahan-lahan.

Ramuan Herbal
Manfaatkan masker ramuan herbal bahan alami seperti daun thyme, ketumbar, dan wortel. Haluskan semua bahan tersebut lalu tempelkan pada bagian kulit stretch mark, gosok selama 5-10 menit perlahan-lahan dan diamkan hingga kering.  Basuh bekas masker dengan air bersih.

Vitamin E
Vitamin E sudah banyak yang diketahui mampu menjaga kesehatan kulit. Jika Anda rajin mengkonsumsi buah dan sayur ber-vitamin E, minyak vitamin E atau suplemen vitamin E akan sangat efektif membantu meremajakan kulit termasuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Vitamin ini berfungsi mengganti sel kulit mati dan memicu regereasi sel serta menambah kandungan kolagen yang bermanfaat baik untuk kulit.

No comments:

Post a Comment