Thursday, June 20, 2013

Mengatasi Keracunan Tanpa Tindakan Medis




Makanan yang terkontaminasi oleh virus, bakteri dan jamur memicu  keracunan dalam tubuh. Keracunan ini menyebabkan tubuh mereaksi bakteri dengan gejala keringat dingin, perut mual, mata berkunang, diare hingga kematian. Biasanya orang yang mengalami keracunan akan segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan medis.

Menurut The Daily Mail, ada beberapa langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengurangi efek racun yang sudah menyerang tubuh, berikut ini langkahnya.

Minum banyak air putih. Air putih adalah cara efektif untuk membuang racun dalam tubuh karena membantu proses detoksifikasi dan metabolisme dalam tubuh. Apalagi jika saat mengalami keracunan tubuh banyak mengeluarkan cairan sehingga mengakibatkan dehidrasi. Banyaklah minum air putih untuk mengganti cairan dalam tubuh. Minum air kepala juga bisa menetralkan racul dalam tubuh.

Beristirahat. Merilekskan tubuh yang keracunan akan membuat tubuh memiliki energi dan cukup kuat.

Setelah beristirahat dan tubuh sudah terasa agak ringan, sebaiknya segera makan dengan makanan yang mengandung serat sehingga mudah dicerna, seperti nasi, roti, buah pisang. Konsumsi makanan tersebut secukupnya agar tidak menimbulkan mual dalam perut Anda.

Untuk tetap menjaga stamina tubuh agar tidak lemas, teruslah minum banyak air putih. Hindari makanan yang justru memicu racun kembali lagi seperti kafein, nikotin, rokok, olahan susu, alkohol, makanan berlemak dan mengandung banyak bumbu rempah.

Untuk menyembuhkan tubuh dari serangan racun dan mencegah racun dating kembali adalah dengan mengkonsumsi makanan berbakteri baik yakni prebiotik. Prebiotik mampu memicu peningkatan sel darah putih yang bisa melawan racun dari dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment