Saturday, June 8, 2013

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami




Rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita. Namun rambut juga merupakan hal yang penting pula bagi seorang pria. Sehingga masalah rambut seringkali tidak hanya dialami oleh para wanita,pria pun juga. Memiliki rambut yang bersih, sehat dan berkilau merupakan idaman setiap wanita, hingga tidak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan uang dan meluangkan banyak waktunya untuk melakukan perawatan rambut. Namun sering tidak kita sadari, bahwa perilaku kita sehari- hari terkadang membuat rambut mudahrusak dan lepek. Seperti terpapar sinar matahari tanpa pelindung (topi),rebonding, mengecat rambut dll.

Salah satu problem dari kesehatan rambut yang sering kita alami adalah rambut rontok. Kini, berbagai macam produk banyak beredar di pasaran untuk mengatasi rambut rontok, namun tidak semua produk- produk tersebut dapat mengatasi permasalahan rambut rontok ini. Berikut ini beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi rambut rontok,diantaranya:

Jus Bawang Putih dan Jahe.
Kandungan dalam bawang putih dan jahe, berkhasiat dapat mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Dengan cara siapkan bawang putih dan jahe, lalu kupas dan cuci hingga bersih. Setelah itu, haluskan bawang putih dan jahe menggunakan blender. Sajikan dalam bentuk jus, kemudian oleskan jus bawang putih dan jahetadi ke kulit kepala. Biarkan selama semalaman, dan pada pagi harinya cuci rambut menggunakan shampo.

Teh Hijau
Tentu telah banyak dari kita yang mengetahui, jika teh hijau merupakan tanaman yang mengandung antioksidan yang tinggi. Teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Yakni dengan cara, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama satujam, kemudian bilas hingga bersih.

Namun jika Anda ingin lebih efektifl agi, Anda dapat mencoba untuk menggunakan minyak argan. Karena minyak argan sangat baik untuk kulit, rambut dan dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular saat dikonsumsi.

Rambut rontok lebih banyak menyerang kaum pria, dimana rambut rontok ini terjadi antara usia 25- 50 tahun. Namun wanita pun juga rentan akan rambut rontok. Normalnya, seseorang akan kehilangan rambut 50 helai setiap harinya. Percaya atau tidak? rambut akan selalu melaluisiklus pertumbuhan, dan rambut baru akan menggantikan rambut yang rontok.Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang pertumbuhan rambutnya terganggu. Sehingga dapat mengakibatkan kebotakan.

Penyebab dari kebotakan sangat bervariasi, seperti genetik hingga nutrisi yang kurang karena asupan makanan yang minim. Gaya rambut yang berganti- ganti juga dapat menyebabkan kerontokan dan akhirnya menjadi botak.

Sementara minyak argan tidak akan memperbaiki ketidak seimbangan internal yang menyebabkan rambut rontok, namun minyak argan akan memberi nutrisi bagi rambut. Minyak argan juga akan merangsang produksi keratin, yang membuat pertumbuhan rambut menjadi meningkat.

Namun, jika kerontokan rambut diakibatkan oleh pola hidup dan pola yang tidak sehat. Kita dapat memperbaikinya sedari kini. Biasakan untuk menjalankan pola hidup dan polamakan yang sehat, seperti hindari stress berlebih dan konsumsi makanan bernutrisi. Lain lagi, jika kebotakan disebabkan oleh genetik. Anda mungkin harus mencari pengobatan lain seperti suplemen hormon. Namun minyak argan pun juga masih dapat memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhan rambut hingga batas tertentu.

No comments:

Post a Comment