Saturday, June 8, 2013

Lulur Alami dari Benkoang dan Manfaatnya




Luluran adalah metode kecantikan untuk merawat tubuh kita. Dengan luluran, maka sel sel kulit mati akan terangkat, sehingga kulit akan terlihat mulus dan sehat. Banyak sekali produk lulur di pasaran. Namun tentu akan lebih baik bila kita menggunakan lulur yang terbuat dari bahan alami. Dan nggak ada salahnya, membuat ramuan tersebut sendiri. Selain bebas dari kandungan kimia berbahaya, akan lebih memudahkan kulit untuk menyerap kandungan positif didalamnya.Salah satu bahan yang bisa dijadikan lulur adalah bengkoang.

Bengkoang dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah, untuk itu banyak yang menjadikan bengkoang sebagai lulur atau masker untuk perawatan kulit. Manfaat utama dari bengkoang untuk kulit adalah kandungan vitamin C atau ascorbic acid, yang merupakan kunci pembentukan kolagen, yaitu senyawa protein yang berperan dalam pembentukan sel kulit, serta memberikan kekuatan pada kulit.

Vitamin C yang terkandung dalam umbi bengkoang sangat banyak, yaitu sebanyak 40% dari total kandungan gizi. Jadi, hampir setengah dari bengkoang terdiri dari vitamin C. Karena vitamin C bekerja membuat lapisan ligamen pada kulit, membuat kulit memiliki kemampuan untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Juga bersifat antioksidan yang dapat menetralisir gangguan radikal bebas.
Jadi, sangat banyak manfaat dari bengkoang yang bisa didapatkan. Cara mendapatkan manfaat itu, selain dengan mengkonsumsinya, juga dengan menjadikan bengkoang sebagai lulur. Pembuatan lulur bengkoang ada beberapa cara, dan sangat mudah dibuat:

Cara Membuat Lulur Bengkoang :  
  • Pertama bengkoang di parut,kemudian dibalurkan di sekujur tubuh dan wajah.Ampas bengkoang tidak perlu dibuang karena ini berguna sebagai scrub.
  • Pijatkan disertai gerakan memutar agar kotoran terangkat.
  • Diamkan beberapa menit agar vitamin c yang terkandung di dalam bengkoang dapat diserap oleh kulit tubuh.
  • Bersihkan kulit dengan air dingin.  

Khasiat Lulur Bengkoang:
  • Lulur ini berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih/terang.
  • Bengkuang memiliki sifat kimiawi dan fermakologis yang manis, dingin, sejuk, sehingga memiliki khasiat mendinginkan kulit.
  • Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit, selain itu lulur bengkuang juga mengencangkan kulit sehingga kekenyalannya dapat terjaga. 
  • Campuran jeruk nipis dalam lulur bengkuang menyegarkan kulit, dan melembabkan.

Tips:
Buat kamu yang masih bingung cara pakainya bagian yang akan diberi lulur diolesi massage oil yang berfungsi untuk mencegahgesekan pada kulit serta memberikan kelembutan pada proses lulur ini, setelah itu baru kamu bisa taburkan lulur secukupnya.

Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment